jump to navigation

FD Guard, Proteksi Dini Serangan Virus Melalui Flashdisk 29 Maret 2009

Posted by maskhuzam in Software.
Tags: , ,
trackback

Aku menemukan program ini sudah lama, kalau tidak salah dari ANSAV.com. ANSAV is my favourite antivirus. Pada awalnya, aku memang tidak begitu mengerti kegunaan program ini. Tapi, setelah aku pakai sekian waktu, banyak manfaat yang aku dapatkan dari program ini. Kini, aku telah merekonedasikan program kepada rekan-rekan kuliahku dan kini ANDA sebagai tambahan dalam memproteksi komputer, selain menggunakan antivirus utama.

Mengutip tulisan dari si pembuatnya, program ini memantau flashdisk dan me-rename file EXE, SCR, INI dan COM menjadi EX_, SC_, IN_ dan CO_ ketika flashdisk dipasang ke soket USB. Jadi, file autorun virus secara otomatis akan menjadi non aktif, dan tidak bisa diload.

Program ini sengaja dibuat dengan tampilan yang sangat kecil, tidak muncul di Taskbar, dan ‘agak susah’ dioperasikan agar tidak di-close oleh tamu yang numpang pake komputer karena risi atau ‘sok tahu’. Karena kadang2 ada orang yang ga begitu ngerti virus,  tapi sok tau banget, kalo dikasih tau ngga mau tau, dan akhirnya malah masukin virus ke komputer tanpa sengaja. Karena pengalaman seperti muncul ide membuat program ini😦

Program ini memantau flashdisk dan me-rename file EXE, SCR, INI dan COM menjadi EX_, SC_, IN_ dan CO_ ketika flashdisk dipasang ke soket USB.

Program ini gratis dan boleh disebarkan secara bebas, malahan dianjurkan. Bukan untuk unjuk gigi atau pamer, tetapi sebagai bentuk kepedulian saya terhadap para pemakai komputer yang selalu dipusingkan oleh virus… Sulit mengatakan ‘jangan buat virus’ kepada para pembuat virus, jadi, inilah salah satu cara saya menghambat penyebaran virus.

Satu kelebihan lagi dari program ini, setiap kali kamu nyolokin flashdisk kamu di port USB, program ini akan secara otomatis meng-attrib file-file menjadi un-system hidden, ini sangat berguna karena seringkali virus suka menyembunyikan file-file penting dan file dirinya, so kita ga usah lagi repot-repot menghilangkan atribut system hidden secara manual. Namun demikian  sayangnya, program ini hanya memeriksa root directory di flashdisk, tidak memeriksa folder-folder yang ada di flashdisk.

FDGUARD by mr. orche! [mr_orche@yahoo.com] [http://www.yudi.co.nr]



Klick and Download FD Guard

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: