jump to navigation

User Interface Windows Bahasa Indonesia (Part. 1) 16 April 2009

Posted by maskhuzam in Software.
Tags: , , , , , ,
trackback

Keberadaan windows sebagai sistem operasi yang paling populer di dunia memang tidak usah kita pertanyakan lagi, walapun beberapa dekade tahun ini keberadaannnya mulai diusik oleh kahadiran linux yang mengusung free open source.

Microsoft sebagai jawara dibalik kegemilangan windows, kini mulai melirik indonesia, kok bisa begitu?… buktinya…? Indonesia merupakan negara yang katanya… nie… katanya… akan menjadi pusat teknologi informasi (sebuah harapan kedepan yang mungkin bisa diwujudkan, Amin… Semoga…). Walapun katanya namun nyatanya hal ini memang sudah kita rasakan sekarang. Salah satunya…
Bill gates pernah datang ke Indonesia, dan memberikan penghargaan kepada putra bangsa yang telah berprestasi dlam program konpetisi microsoft. Indonesia pun juga menjadi jawara dalam kompetisi itu… tu salah satu buktinya…

Bukti yang lain…? negara mana yang paling pintar dan paling jempolan dalam membajak..? (prestasi kayak gitu kok dibanggain…) Dalam membajak karya orang, dibutuhkan skill dan teknologi yang tinggi juga lho… he.. he..

Ngomongnya jadi ngelantur… ntar tambah jauh dari apa yang akan saya bahas kali ini. Bukti Microsoft kini telah memperhatikan indonesia yaitu dengan dimasukkannya Indonesia dalam jajaran bahasa yang digunakan dalam tampilan muka (user interface) sistem operasi yang dikeluarkan oleh microsoft, baik itu windows XP, Vista atau yang terbaru Windows 7even.

Dengan paket UI yang dapat didownload di situs resmi microsoft, ini pengguna windows di Indonesia dapat merubah tampilan muka sistem operasi nya dengan bahasa indonesia, bahasa yang sudah tidak asing di mata, telinga dan mulut kita… Sedangkan untuk sistem operasi linux, yang manawarkan opensource telah mengeluarkan ui indonesia sudah cukup lama, hal ini karena adannya komunitas yang mendukung untuk membuat tampilan distro linux menajdi bahasa indonesia… contohnya seperti komunitas linux  jogja yang telah melahirkan BlankOn. So, jika kepengen punya sistem operasi yang “berasa” indonesia, entah itu windows xp stau vista download saja langsung user interface packnya di link dibawah ini….

User interface Pack (Windows XP)
User interface Pack (Windows Vista)

Entah apa maksud dan tujuan microsoft menambahkan bahasa indonesia sebagai salah satu bahasa dalam user interface, semoga bukan untuk menyaingi linux saja… karena ternyata banyak user yang telah lama menggunakan windows “english” terasa kaku ketika menggunakan windows “indonesia”, padahal itu adalah bahasannya sendiri… Namun, tidak bagi user pemula terutama yang kurang lihai mengolah bahasa inggris, mereka sangat terbantu dengan adannya ui ini… semoga tujuan yang terakhir ini, untuk membantu mencerdaskan bangsa indonesia dan lebih meng-IT kan indonesia adalah tujuan sesunguhnya dari microsoft.

berlanjut ke User Interface Windows Bahasa Indonesia (Part. 2)

Komentar»

1. Dzul Qurnain - 19 April 2009

Wah windows Minded yah ? 😕

maskhuzam - 20 April 2009

bisa ya bisa tidak, sering pake windows, tapi juga pernah pake linux…
pengen tau linux mas… baca disini https://maskhuzam.wordpress.com/2009/04/05/benarkah-linux-semudah-windows/

2. pexalman - 23 April 2009

materi bu karima MPE mana?
kok ga di Upload ?

maskhuzam - 24 April 2009

ternyata di email blm masuk… ga tahu nyangkut dimana…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: