jump to navigation

Waspada Flu Babi 27 April 2009

Posted by maskhuzam in Event.
Tags: ,
trackback

Selama 3 hari terakhir, berita-berita dalam negeri dan luar negeri diwarnai dengan beragam berita… terutama berita tentang kasus FLU BABI, di meksiko dan berpotensi menyebar dan menjadi wabah global (jangan sampai ini terjadi… ngeri ah… dengernya), Flu babi ini telah menewaskan 100 penduduk di negara asal wabah ini, Mexico…

Sebenarnya apa itu flu babi? untuk lebih jelasnya baca penjelasnya berikut ini… berikut merupakan fakta-fakta dari flu babi… saya dapat dari rusdi goblog :

Para pakar pengendali penyakit masih berupaya mencari jalan dalam mengatasi wabah flu babi di Meksiko dan Amerika Serikat, dan dugaan kasus ini di negara lain.

Apakah flu babi?
Flu babi adalah penyakit pernapasan yang menjangkiti babi. Disebabkan oleh influenza tipe A, wabah penyakit ini pada babi rutin terjadi dengan tingkat kasus tinggi namun jarang menjadi fatal.

Penyakit ini cenderung mewabah di musim semi dan musim dingin tetapi siklusnya adalah sepanjang tahun. Ada banyak jenis flu babi dan seperti flu pada manusia penyakit ini secara konstan berubah.

Apakah manusia bisa terjangkit flu babi?
Flu babi biasanya tidak menjalar pada manusia, meski kasus sporadis juga terjadi dan biasanya pada orang yang berhubungan dengan babi. Catatan mengenai kasus penularan dari manusia ke manusia juga sangat jarang.

Penularan manusia pada manusia flu babi diperkirakan menyebar seperti flu musiman – melalui batuk dan bersin. Dalam wabah yang kini terjadi belum jelas apakah penyakit itu ditularkan dari manusia ke manusia.

Gejala flu babi pada manusia tampaknya serupa dengan gejala-gejala flu musiman manusia.

Apakah ini jenis baru flu babi?
Badan Kesehatan Dunia, WHO, membenarkan bahwa setidaknya sejumlah kasus adalah versi H1N1 influenza tipe A yang tidak pernah ada sebelumnya.

H1N1 adalah virus yang menyebabkan flu musiman pada manusia secara rutin. Namun versi paling baru H1N1 ini berbeda: virus ini memuat materi genetik yang khas ditemukan dalam virus yang menulari manusia, unggas dan babi.

Virus flu memiliki kemampuan bertukar komponen genetik satu sama lain, dan besar kemungkinan versi baru H1N1 merupakan hasil perpaduan dari berbagai versi virus yang berbeda yang terjadi di satu binatang sumber.

Apakah aman makan daging babi?
Tidak ada bukti flu babi menular lewat konsumsi daging binatang yang terjangkit. Namun, daging itu harus dimasak matang, suhu 70C akan membunuh virus itu.

Apakah warga harus khawatir?
Saat muncul jenis baru flu yang memiliki kemampuan menyebar dari manusia ke manusia pihak berwenang mengawai dengan seksama untuk melihat apakah memiliki potensi menyebabkan pandemi.

WHO memperingatkan kasus-kasus di Meksiko dan Amerika Serikat berpotensi menyebabkan pandemi global dan menegaskan situasi ini serius.

Akan tetapi, WHO mengatakan masih terlalu dini untuk menilai situasi ini secara akurat. Saat ini, WHO mengatakan dunia hampir mendekati situasi pandemi flu dibandingkan tahun-tahun sejak 1968 – tingkat ancamannya adalah tiga dari skala enam.

Tidak ada yang tahu dampak pandemi penyakit ini sepenuhnya, namun para pakar memperingatkan korban tewas bisa mencapai jutaan orang di seluruh dunia. Pandemi flu Spanyol, yang dimulai tahun 1819 dan juga disebabkan oleh virus H1N1, menewaskan jutaan orang.

Fakta bahwa kasus-kasus di Amerika Serikat sejauh ini memperlihatkan gejala-gejala ringan merupakan berita baik. Sementara parahnya wabah di Meksiko kemungkinan disebabkan oleh faktor wilayah yang tidak biasa yang kecil kemungkinan terjadi wilayah lain di dunia.

Akan tetapi, fakta bahwa sebagian besar korban berusia muda menunjukkan satu hal yang tidak baisa. Biasanya flu musiman cenderung melanda kaum berusia tua.

Bagaimana dengan pengobatan dan vaksin?
Pemerintah Amerika mengatakan dua obat yang biasa digunakan untuk mengobati flu, Tamiflu dan Relenza, tampaknya efektif dalam mengatasi kasus-kasus yang terjadi sejauh ini. Belum jelas keefektifan vaksin flu yang kini ada dalam melindungi manusia dari virus baru ini, karena secara genetik berbeda dengan jenis flu lain.

Ilmuwan Amerika telah mengembangkan satu vaksin baru, namun diperlukan waktu untuk menyempurnakannya dan juga memproduksi dalam jumlah yang cukup untuk memenuhi permintaan.

Bagaimana dengan flu burung?
Jenis flu burung yang menyebabkan kematian di Asia Tenggara dalam beberapa tahun ini berbeda dengan jenis flu babi yang kini mewabah. Bentuk baru flu babi ini adalah H1N1 jenis baru, sementara flu burung adalah H5N1.

Para pakar khawatir H5N1 berpotensi menyebabkan pendemi karena kemampuannya bermutasi secara cepat. Akan tetapi hingga sekarang penyakit itu masih merupakan penyakit unggas.

Mereka yang terjangkit adalah mereka yang berhubungan dengan unggas dan kasus penularan dari manusia ke manusia sangat jarang – tidak ada tanda-tanda bahwa H5N1 sudah bisa menular dari manusia ke manusia dengan mudah.

*Dikutip penuh dari BBC

Untuk mencegah penyebaran ke Indonesia, kemarin pemerintah RI melakukan rapat koordinasi dengan berbagai menteri terkait pencegahan masuknya flu babi ke Indonesia. Sebagaimana dilangsir oleh kompas :

JAKARTA, KOMPAS.com — Terkait wabah flu babi yang menyebar di Meksiko, Amerika Serikat, dan Selandia Baru, pemerintah menggelar rapat koordinasi lintas sektor di ruang rapat Menko Kesra, Senin (27/4) pagi.

Mereka yang telah hadir dan dijadwalkan akan hadir adalah dari Departemen Perhubungan, Departemen Kesehatan, Polri, Departemen Dalam Negeri, Departemen Kebudayan dan Pariwisata, Departemen Pertanian, Departemen Keuangan, serta Departemen Luar Negeri.

“Kami akan rapatkan, dan langkah-langkah apa yang akan diambil oleh Indonesia (terkait dengan flu babi),” ungkap Menko Kesra Aburizal Bakrie saat ditemui menjelang rapat koordinasi di kantornya, Jakarta, Senin (27/4).

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa secara internasional negara-negara sudah diperingatkan, termasuk Indonesia. Untuk itulah rapat ini digelar. Dalam rapat ini, katanya, akan didengar laporan dari berbagai departemen, khususnya dari Menteri Kesehatan, apakah flu babi ini seperti flu burung.

Hal itu terkait dengan lintas virus dari hewan ke manusia. Menurutnya, langkah ini merupakan tindakan pencegahan yang dilakukan pemerintah agar virus flu babi ini tidak masuk ke Indonesia dan mengancam penduduk Indonesia.

Aburizal berharap virus ini tidak berkembang ke Indonesia karena selama ini Indonesia sudah melakukan penanganan flu burung secara koordinatif. Langkah-langkah konkret yang selama ini dilakukan dalam penanganan flu burung kiranya akan dilakukan untuk menangani virus babi ini.

“Langkah itu seperti diadakan banyak pelatihan, bagaimana jika terjadi suatu pandemik, rakyat bisa lakukan upaya evakuasi, orang yang terkena disisihkan, kemudian dibawa ke rumah sakit, dilakukan pengobatan, dan sebagainya,” ujarnya.

Ni baru saja aku surfing.. ada tips agar terhindar dari flu babi (bukan influensa… kalau influensa langsung saja beli obat diwarung…) Tips Hindari Flu Babi! sebagai mana di posting di detik news sebagai berikut :

Jakarta – Virus strain baru flu babi (swine flu) memang bisa mematikan. Apalagi virus strain baru bisa menyebar dengan cepat. Sebabnya, tak seorang pun punya kekebalan alami terhadap virus baru ini. Dan butuh waktu beberapa bulan untuk mengembangkan vaksinasi virus ini.

Namun setidaknya ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mencegah penyakit flu babi yang ditularkan dari orang ke orang ini. Badan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS atau Centers for Disease Control and Prevention (CDC) memberikan beberapa tips.

  • Tutupi hidung dan mulut Anda dengan tisu jika Anda batuk atau bersin. Kemudian buang tisu itu ke kotak sampah.
  • Sering-seringlah mencuci tangan Anda dengan air bersih dan sabun, terutama setelah Anda batuk atau bersin. Pembersih tangan berbasis alkohol juga efektif digunakan.
  • Jangan menyentuh mulut, hidung atau mulut Anda dengan tangan.
  • Hindari kontak atau berdekatan dengan orang yang sakit flu. Sebab influenza umumnya menyebar lewat orang ke orang melalui batuk atau bersin penderita.
  • Jika Anda sakit flu, CDC menyarankan Anda untuk tidak masuk kerja atau sekolah dan beristirahat di rumah.

Di Meksiko, negara yang paling parah dilanda wabah flu babi ini, pemerintah negeri itu mengeluarkan imbauan bagi warganya untuk tidak berciuman, meski hanya cium pipi. Demikian seperti dilansir CNN, Senin (27/4/2009).

Pemerintah Meksiko juga mengimbau untuk tidak berada di antara kerumunan orang banyak serta tidak berdekatan dengan orang lain yang sakit. Penggunaan masker juga digalakkan di negeri itu.

Sejauh ini setidaknya 81 orang telah meninggal akibat wabah flu babi di Meksiko. Lebih dari seribu orang lainnya terkena penyakit ini.
(ita/iy)


Komentar»

1. atetamom - 28 April 2009

salam kenal mas,
jadi ini ceritanya adop mengadop blog ya?
hehehe

maskhuzam - 30 April 2009

ga juga, baru belajar mbak…
cerita d blog mbak, asik2, lain kali tak mampir lagi…

2. Maylatun sari - 1 Mei 2009

topik yg dibahas sama,,🙂

tapi yg ini info na lebih lengkap,hehehhe😀

salam kenal yak😀

maskhuzam - 2 Mei 2009

salam kenal, nice to meet you…
thanks for visiting my blog.

3. sumlang - 5 Mei 2009

mas salam kenal dari riau…

maskhuzam - 8 Mei 2009

salam kenal juga… sering2 mampir.

4. barneges - 9 Mei 2009

wah.., dmana2 emg lg demam flu babi y.
slm kenal mas, thank’s atas kunjungnnya.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: