jump to navigation

The Real Ticket To The real World 30 April 2009

Posted by maskhuzam in Coretan, Kompetiblog.
Tags: , ,
trackback



Sekarang banyak universitas, lembaga yang menawarkan pendidikan di luar negeri, dalam bentuk pendidikan intensif, beasiswa pendidikan, pertukaran pelajar, dan lain sebagainya. jika Anda mencari satu kata saja “beasiswa” di internet terwakili oleh search engine google, anda akan dihadapkan dengan 5,970,000 situs yang menawarkan beasiswa. Dan perlu diketahui,  1,120,000 situs diantaranya merupakan beasiswa luar negeri. Salah satu situs yang ada didalamnya adalah situs studi di belanda yang menawarkan program bagi mahasiswa indonesia untuk belajar di belanda. Dan mungkin anda kini tengah mengikuti kompetetisi blog yang diadakan olehnya.

Studi-studi atau beasiswa-beasiswa seperti ini merupakan langkah awal bagi kita yang ingin masuk ke dunia yang sesungguhnya “The real world”. Mengapa demikian? karena dengan belajar ke luar negeri kita akan melihat bagaimana dunia ini sesungguhnya. Kita selama ini mungkin terktak-kotak oleh wilayah atau area tertentu, terkotak-kotak oleh kompetensi anda, bukan dalam batasan negara saja, bahkan batasan kota. Padahal, dunia itu luas, “masih ada langit di atas langit” mengutip kata-kata orang bijak.

Beasiswa atau studi di luar negeri merupakan sarana, itu bukan “tiket” yang sesungguhnya. itu adalah sebuah cara bagaimana anda bisa mencapai tujuan, mencapai “The real world”.   “tiket” yang sesungguhnya adalah anda, diri anda sendiri. Itu adalah tiket yang sesungguhnya “The real ticket”. Anda mau memanfaatkan dan memaksimalkan apa yang kini anda alami, peroleh atau tidak? mempelajari apa yang anda dapat dari program beasiswa atau tidak?

The real ticket to the real world. Jadi, semuanya ditentukan oleh diri anda sendiri. maka rajin-rajinlah belajar dan belajar dari segalanya, terus memotivasi positif diri anda. Mengapa demikian? karena untuk membuka jalan menuju “the real wordl” bukan merupakan jalan yang mudah. Untuk menggapainya dibutuhkan usaha dan keuletan, dan ada kemampuan yang harus anda penuhi. Apa saja?

1. Komunikasi.
Komunikasi sangat penting, karena manusia saling berhubungan melalui komunikasi. masyarakat global berkomunikasi dengan bahasa global. “Global language” adalah bahasa internasional, bahasa Inggris. Setidaknya bahasa asing, disesuaikan dimana anda belajar. jadi, pergunakan waktu anda untuk memaksimalkan kemampuan dan penguasaan bahasa asing.

2. Kompetensi.
Tanpa adanya kompetensi apa yang dapat anda tawarkan dari diri anda? Posisi tawar anda akan lemah. Masyarakat global membutuhkan sesorang yang memiliki kompetensi dan bukan orang biasa. Jadi, pelajari dengan tekun satu bidang yang anda minati dan dalami. Jadikan diri anda expert di bidang itu.

3. Kepribadian.
Komunikasi dan kompetesi, belum cukup untuk mecoba bersaing di masyarakat global. Harus ada satu hal yang perlu anda masntapkan, yaitu kepribadian anda.

Sekarang sudah banyak beasiswa mengenai peningkatan penguasaan bahasa asing, pendidikan keprofesian, dan terkait dengan kepribadian sepeti kepemimpinan, dan masih banyak yang lainnya. Anda yang memutuskan, karena diri anda sendirilah “The real ticket”. Keputusan ada di tangan anda untuk membawa diri anda ke dunia yang sesungguhnya “The real world” membuka cakrawala anda dalam menatap dunia ini.

Saya berbicara jujur, saya belum pernah mendapatkan beasiswa belajar diluar negeri. Mendapatkan beasiswa dan penidikan diluar negeri itu menjadi impian saya. Tulisan yang saya tulis ini merupakan gambaran dari movitasi diri saya untuk menggapainya yang dengan senang hati saya bagikan, share dengan Anda.

Komentar»

1. Perwira Aria - 5 Februari 2010

gw suka artikel lo bro!
mampirlah ke blog ane.
kalau mau tukeran blogroll ane jug ga keberatan bro

maskhuzam - 17 Februari 2010

yups… tq bro… dah mampir…
saya dah mampir bro.. kalo ada info seputar beasiswa kabar2i ya bro…
hehe..🙂

2. Usup Supriyadi - 8 April 2010

rasanya memang tidak berlebihan jika kita mengatakan bahwa dari Belanda kita memasuki dunia nyata yang semakin go Internasional. nice post. semoga tercapai impiannya . amiin.

maskhuzam - 10 April 2010

udah kelewat lama mas… kompetisi dah taun kemarin… hehe…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: